Sejarah Internet

Gambar terkait

Dijaman sekarang ini siapa sih yang gax kenal dengan istilah internet???

semua orang pasti dari mulai anak-anak sampai orang dewasa pun atau bahkan lansia sekalipun sudah tidak asing lagi dengan istilah internet.

Bahkan hampir semua aspek pekerjaan telah mengandalkan internet.dijaman sekarang sudah cukup mudah sekali untuk mencari segala inpormasi, solusi, mencari resep makanan, mencari berita dll.

SEJARAH INTERNET↴
                                                                                                      
Pada tahun 1969-an, di sebuah Departemen pertahanan dari amerika serikat lewat Advanced Research Projects Agency disingkat dengan istilah ARPA yang merintis salah satu sistem jaringan yang bernama ARPANETdi mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hadware & software komputer yang pada masa itu berbasis UNIX.↴

Tujuan awal membangun proyek lembaga ARPA itu untuk keperluan tentara militer. pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departemen of Defense) membuat salah satu sistem jaringan komputer di setiap daerah-daerah bertujuan untuk menghindari terjadinya perang.

Pada saat itu ARPANET hanya mampu menghubungkan Empat situs saja yaitu:

   ➢ Stanford Research Institute
   ➢ University of California
   ➢ Santa Barbara
   ➢ University of Ultah

Dimana mereka pada saat itu berrencana untuk membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dimana pada saat itu APRANET sempat diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.tidak menghabiskan waktu yang sangat lama proyek ini bisa berkembang pesat diseluruh
daerah dan juga semua universitas yang ada dinegara ini ingin bergabung sehingga ARPANET cukup kesulitan bagaimana cara untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET pun akhirnya dipecah menjadi dua, yaitu dengan nama ''MILNET'' untuk keperluan militer ''ARPANER'' tak lama kemudian gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan istilah nama DARPA INTERNET yang kemudian disederhanakan dengan istilah Internet.

Pada saat tahun 1960, J.C.R. Licklider memperkenalkan dengan istilah ''Man-Computer Symbiosis''.Istilah tersebut ia depinisikan sebagai Jaringan Komputer yang dapat terkoneksi satu sama lain melalui pita komunikasi lebar yang bertujuan sebagai perpustakaan dan juga dilengkapi dengan teknologi penyimpanan & pencariaan inpormasi.

Licklider akhirnya bersama seorang ilmuan lain yang bernama Welden Clark juga sempat menerbitkan karya yang berjudul ''On-Line Man-Computer Communication'' (komunikasi manusia mesin dalam-Jaringan) dengan karyanya tersebut ia sempat menjelaskan bagaimana kehidupan manusia yang akan berubah dengan adanya teknologi komputer yang dapat saling terhubung satu sama lain.

Setelah dua tahun kemudian, Licklider mendapatkan tawaran dari seseorang yang bernama  Jack Runia untuk bekerja sebagai direktur Information Processing Techniques (IPTO) sebuah divisi baru di dalam DARPA.↴

Tujuan utama dari tim ini adalah untuk membuat salah satu jaringan yang menghubungkan tiga buah komputer utama di Departemen pertahanan Amerika Serikat di penggunung Cheyenne, Pentagon, dan juga SACHQ.dan ia menyetujuinya dan segera membentuk tim yang ia sebut dengan istilah''Members & Affiliates of the Intergalactic Computer Network''.meski akhirnya  Licklider sempat keluar dari IPTO pada tahun 1964,visi tentang Jaringan Universal yang diajukan olehnya berunjung pada terciptanya ARPANET lima tahun kemudian pada saat tahun 1969.dan tak lama kemudian pada tahun 1972 Licklider pun kembali meminpin selama dua tahun.

Semoga Artikel ini Dapat Bermanfaat Bagi Orang Yang Membacanya
















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat-Alat Fiber Optik Beserta Dengan Fungsinya

Charles Babbage seorang penemu komputer pertama di dunia

Komponen Komponen Laptop Beserta Pungsinya