Alat-Alat Fiber Optik Beserta Dengan Fungsinya

Dijaman sekarang ini pernahkah kalian mendengar kata fiber optik?
Fiber Optik merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari sebuah kaca atau plastik yang sangat halus dan sekecil dari sehelai rambut,berguna untuk mentransmisikan sebuah sinyal cahaya darii suatu tempat ke tempat lain,cahanya tersebut biasanya dari sinar laser.
Jadi dijaman sekarang ini tentunya teknologi Fiber Optik sudah banyak sekali yang menggunakan dalam berbagai jaringan seperti INDIHOME dari telkom. indihome ini merupakan provider jaringan internet yang sudah menggunakan sebuah kabel Fiber Optik.

Jadi teknologi Fiber Optik harus dimaintenance untuk menjaga kualitasnya, contohnya jika sebuah kabel fiber optik putus maka kita harus menyambungkanya lagi kabel yang putus tersebut agar tetap bisa digunakan lagi. tapi kalian jangan sembarangan untuk memasang kabel yang putus itu.kalian harus mempunyai nya alat-alat untuk memasang kabel yang putus yang disebut dengan splicer.

Berikut Adalah 9 Tools Fiber Optik Beserta Dengan Fungsinya↴
                              1.FUSION SPLICER↴


Yang pertama adalah Fusion splicer atau sering disebut sebagai salah satu alat untuk menyambungkan serat optik.serat optik ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyambungkan sebuah core serat optik, yang dimana serat optik tersebut terbuat dari kaca, dan mengimplementasikan suatu daya listrik yang telah diubah menjadi sebuah media sinar laser.
Sinar laser itulah yang berfungsi untuk memanasi kaca yang terputus pada core sehingga dapat tersambung kembali dengan baik. fusion splicer ini haruslah memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, agar dapat menghasilkan hasil penyambungan yang sempurna, karena pada saat penyambungan akan terjadi proses pengelasan media kaca dan pelemburan kaca dan akan menghasilkan suatu media, media itulah yang akan tersambung secara utuh tanpa adanya celah-celah karena media ini memiliki senyawa yang sama.
                         2.STRIPPER ATAU MILLER↴


                               

Alat yang satu ini sering disebut dengan Stripper yang berfungsi untuk mengupas kulit pelindung dari kabel fiber optik agar tersisa Core nya yang nantinya akan kita pergunakan. kabel fiber optik bentuknya sangatlah kecil dan tipis seperti sehelai rambut manusia maka dari itu fiber stripper ini mempunyai presesi yang sangat akurat. jadi kalian jangan menggunakan alat tersebut sembarangan.
                                     3.CLEAVER↴



Alat yang satu ini namanya Cleaver yang berfungsi untuk memotong core yang dimana tadi kita sudah mengupas kulitnya kabel fiber optik, untuk memotong core ini harus mengunakan alat khusus cleaver ini, karena pada saat pemotongan kacanya akan terpotong secara rapih. cleaver ini mempunyai presisi yang sangat akurat, pada saat proses ini berhasil dengan baik maka kita akan melanjutkanya ke tahap selanjutnya.

                   4.OPTICAL POWER METER (OPM)↴


                              
Alat tersebut yang baru dirancang untuk mengetes serat optik, yang bertujuan untuk instalasi, penerima gambaran.

Fungsi OPM (Optical Power Meter)↴

Alat tersebut berfungsi untuk mengukur total loss dalam sebuah link optik baik saat instalasi atau pemeliharaa yang diukur dalam satuan Decibel (dB), Loss atau redaman yang dinyatakan : L (dB) = Pin (dBm) - Pout (dBm) L (dB) L (dB) = 10 Log (Pin/Pout).

    5.OPTICAL TIME DOMAIN REFLECTOMETER (OTDR)↴

                     Hasil gambar untuk OPTICAL TIME DOMAIN REFLECTOMETER                              
OTDR adalah alat yang dapat digunakan untuk
 mengevaluasi suatu serat optik.
    ➢OTDR adalah salah satu alat utama baik untuk
        instalasi maupun pemeliharaan link serat optik
    ➢OTDR mungkin link diukur dari satu ujung
    ➢OTDR dipakai untuk mendapatkan gambaran visual
        serat optik sepanjang link yang diplot dari sebuah
        layar dengan jarak yang digambarkan pada sumbu
        X dan Y.

FUNGSI OTDR (OPTICAL TIME DOMAIN REFLECTOMETER)↴

    ➢Mengukur Loss rata-rata  (dB/km) contohnya antara
        dua titik yang dipilih di sebuah serat optik
    ➢Mengukur jarak pada suatu titik serat optik
    ➢Mengetahui lokasi titik penyambungan dan
        besar lossnya
    ➢Mengetahui jenis Event di serat optik
    ➢Mengetahui besar porsi daya yang dipantulkan pada
        suatu event pada pantulan
    ➢Mensupport Reporting Data
    ➢Mengidentifikasi lokasi & jenis gangguan pada
        serat optik

                     6.OPTICAL LIGHT SOURCE (OLS)


     
Alat yang satu ini adalah OLS  (Optical Light Source) merupakan alat yang berfungsi untuk pemancar sinyal pada serat optik. Alat ini untuk memancarkan sinar laser dan calss dan dapat mengeluarkan sebuah sinar cahaya/infra merah. biasanya alat ini sering digunakan untuk mengukur redaman pada kabel serat optik. optical power source mempunyai panjang gelombang yang bisa diubah-ubah, alat ini yang digunakan merupakan merek wandel dan goltermann dengan tipe OLS-15 dengan daya pancar -7 dBm.

                      7.OPTICAL FIBER IDENTIFIER↴



Alat yang satu ini meruapakan Optical Fiber Indentifier yang berfungsi untuk mengetahui sebuah arah signal dan penunjuk arah yang besar daya yang dilaluinya.

                        8.VISUAL FAULT LOCATOR↴


Alat yang satu ini merupakan Visual Fault Locator yang sering disebut sebagai Laser dan berfungsi untuk melakukan pengetesan pada sebuah core fiber optik. Laser tersebut yang akan mengikuti sebuah serat optik pada kabel serat optik dari POP sampai ke USER, bila pada saat melakukan pengetesan tidak terjadi masalah laser akan sampai pada tujuannya.
                        9.BIT ERROR RATE TEST↴


Alat yang satu ini adalah Bit Error Test yang berfungsi untuk mengecek koneksi jaringan (Time Devisio Multipleksi) TDM dimana TDM ini aplikasinya yaitu layanan Clear. secara spesipikasi untuk mengecek & mengetahui TX/RX yang error.

Semoga Artikel ini Dapat Bermanfaat Bagi Orang Yang Membacanya.
     




                                               
                                 

                       



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Charles Babbage seorang penemu komputer pertama di dunia

Komponen Komponen Laptop Beserta Pungsinya