Komponen Komponen Laptop Beserta Pungsinya

Kalian tau gx sih komponen yang ada di Laptop itu apa aja???
pasti kalian punya Laptop kan dirumah,tapi kalian gx tau di Laptop kalian itu ada komponen apa aja.
Jadi kalian belum tau kan.biar kalian tau nih lihat dan amati dibawah ini ya

Berikut Adalah Komponen Komponen Laptop Beserta Pungsinya


                                         1. BATERAI↴




Baterai Laptop ini pungsinya sebagai daya listrik penggantinya power supply pada Laptop.jadi laptop itu gx pake power supply yang pake power supply itu komputer/pc nya.jadi baterai itu sangat penting ada dilaptop kalau gx ada baterai otomatis laptop kita gax akan nyala bener kan.

                               2.MAINBOARD LAPTOP↴




                         3.MAINBOARD KOMPUTER↴

                                       


Mainboard merupakan papan circuit utama pada sebuah Laptop/komputer yang berpungsi untuk meletakan berbagai komponen komponen laptop seperti konektor maupun kabel sekaligus mengoperasikannya.Motherboard pada sebuah laptop/komputer sangatlah berbeda karena di Motherboard laptop terdapat penghubung port,anatara lain:

     ➣ Hard drive konektor (HDD) keras
     ➣ Memory Random Access Memory (RAM)
     ➣ Konektor baterai
     ➣ CD/DVD drive
     ➣ Audio (hradphone dan mikrofon)
     ➣ Keyboard konektor
     ➣ Roda Volume control
     ➣ Port USB
     ➣ Eithernet (RJ45 jaringan) Port
     ➣ IEEE 1394 (Fire wire ) Port
     ➣ Vidio chip

                             4.KEYBOARD LAPTOP↴





Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer/laptop yang disebut dengan sebuah papan ketikan yang terdapat pada sebuah laptop ataupun komputer yang berpungsi untuk menginput data berupa huruf ,angka ataupun simbol simbol.

                            5.PROCESSOR LAPTOP↴






Processor berfungsi sebagai otak dari sebuah laptop.prosessor terhubung ke board sistem melalui soket prosessor ataupun sokep CPU.Central Processing Unit (CPU) laptop saat ini telah maju dan mempunyai pitur hemat daya dan menghasilkan panas yang lebih sedikit dibandingkan dengan prosesssor pc tetapi kekuatanya tidak sama.

                 6.CMOS BATERAI ATAU RTC BATERAI↴




CMOS merupakan salah satu perangkat keras komputer/laptop yang Berfungsi untuk mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utamanya di keluarkan.baterai CMOS dapat diisi ulang dan di proses isi ulang terjadi saat laptop dicolokan ke listrik.

              7.VGA (VIDIO GRAPHIC ADAPTER) CARD↴

Hasil gambar untuk VGA VIDEO GRAPHIC ADAPTER CARD


VGA adalah salah satu perangkat keras komputer/laptop yang merupkan komponen laptop yang bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah gambar pada layar laptop.VGA pada laptop tidak di upgrade, apabila terjadi kerusakan maka kalian harus mengganti motherboard secara keseluruhanya.jadi jangan sampai motherboard nya rusak nya.

                   8.HARD DRIVE/HARDISK LAPTOP↴


pengertian harddisk adalah




Harddisk merupkan salah satu perangkat keras komputer/laptop yang berpungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer.Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut dimatikan.jadi Harddisk menyimpan data secara permanen.

                         9.RAM DAN ROM LAPTOP↴

ram-versus-rom


RAM (Random Access Memory) merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.isi ram dapat diakses secara acak dan data didalam RAM ini dapat hilng pada saat komputer dinonaktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

ROM (Read Only Memory) merupakan jenis memori atau tempat penyimpanan data didalam perangkat komputer yang bersifat permanen sehingga tidak mudah berubah atau juga hilang meskipun komputer tiba tiba dimatikan.

                       10.CD/DVD ROM DRIVE LAPTOP↴




Semua CD/DVD Rom laptop memiliki bentuk yang universal .fungsi ROM sendiri untuk membaca dan menulis data ke sebuah disk CD/DVD.

                              11.WIRELESS CARD↴




wireless card merupakan kartu jaringan nirkabel internet laptop yang juga dikenal sebagai kartu WLAN ataupun kartu wi-fi didesain dalam berbagai bentuk dan ukuran.

                                 12.SOUND CARD↴



Sound card berfungsi untuk mengintegrasi suara pada laptop.sound card terpasang pada motherboard oleh karena itu tidap bisa diganti ganti.

                   13.LAYAR/LCD SCREEN LAPTOP↴
   
Hasil gambar untuk LAYAR LCD LAPTOP

Layar LCD berfungsi umtuk menampilkan gambar yang dihasilkan oleh kartu vidio laptop.Layar LCD dapat menerima sinyal data dari kartu vidio melalui kabel LCD.

                                      14.WEB CAMERA↴
                                    Hasil gambar untuk WEB CAMERA LAPTOP 

Web camera berpungsi sebagai camera pada umumnya namun bukan bagian dari layar laptop melainkan bagian tersendiri dari sebuah perangkat.

                               15.LCD SCREEN CABLE↴
                                  Hasil gambar untuk lcd screen cable laptop


LCD Screen Cable merupakan kabel yang berfungsi mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu vidio ke layar LCD.kabel ini juga merupakan kabel vidio dengan power supply tegangan DC tinggi dari inverter layar.

                     16.SCREEN INVERTER BOARD↴

Hasil gambar untuk screen inverter board laptop



Screen Inverter Board berfungsi untuk bekerja sebagai suatu daya untuk lampu backlight yang terpasang di dalam layar LCD.

                               17.DISPLAY HINGES↴
                                  Hasil gambar untuk display hinges laptop
                          
Display hinges atau dikenal dengan istilah engsel layar yang berfungsi untuk menghubngkan dua bagian dari sebuah laptop yaitu panel layar dan unit dasar badan laptop.semua laptop biasaa memiliki dua engsel yang terletak disisi kiri dan sebelah kanan panel.

Semoga Artikel ini Dapat Bermanfaat Bagi Orang Yang Membacanya.









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat-Alat Fiber Optik Beserta Dengan Fungsinya

Charles Babbage seorang penemu komputer pertama di dunia