Charles Babbage seorang penemu komputer pertama di dunia

Kamu tau gax siapa sih yang menciptakan sebuah komputer???
dijaman sekarang ini banyangkan saja kalau sebuah kompuer itu tidak ada gimananya rasanya coba untungnya ada salah seorang ilmuan yang bernama Charles Babbage ia bisa menemukan sebuah komputer,untuk lebih jelasnya kita liat dibawah ini



      Charles Babbage Adalah seorang ilmuan asal Inggris yang pertama kali bisa menemukan sebuah komputer,ia dikenal sebagai salah satu pelopor penemu kompuer pertama.Charles Babbage adalah salah satu seorang ilmuan yang sekarang ini tercatat sebagai penemu komputer pertama di dunia.dengan karyanya itu banyak sekali manfaat yang dirasakan pada kehidupan manusia khususnya pada bidang komputer.

Charles Babbage juga menemukan salah satu mesin penghitung (Difference Engine no 1) yang ditemukan pada tahun 1791-1871.Difference Engine merupakan salah satu ikon yang paling terkenal sejak jaman sejarah perkembangan komputer.Babbage pada saat itu juga terkenal diseluruh dunia dengan julukan bapak komputer.

Charles Babbage lahir disalah satu daerah yang bernama Southwark, London, 26 Desember 1791,
dia merupaakan salah seorang anak dari Benjamin Babbage, dia juga sebagai seorang Banker.

Charles Babbage juga memiliki salah satu kelebihan yang sangat menonjol dalam bidang matematika.pada saat itu dia memasuki Trinity College di Cambridge pada tahun 1811,dia juga sempat mendapati bahwa kemampuan matematikanya itu jauh lebih baik dari yang lainnya termasuk tutornya sendiri pun bisa dikalahkan.

Pada saat diusia 20 tahunan Charles Babbage sempat bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus.pada saat tahun 1816 dia sempat terpilih sebagai salah satu anggota '' Royal Society''  yang disebut organisasi sains akademis independen inggris raya.

Charles Babbage juga sempat memainkan peran sebagai ''Astronomical Society'' yang disebut sebagai organisasi Astronomi geofisika inggris raya,dan pada saat ini masih aktif pada tahun1820.pada masi ini yang membuat Babbage mulai tertarik pda sebuat mesin hitung itu hingga akhir hayatnya.

Pada saat tahun 1821 Babbage dapat menciptakan Difference Engine,yang disebut sebagai mesin yang dapat menyusul sebuah tabel matematika.pada tahun 1832 pada saat itu sedang melengkapi mesinya tersebut.Babbage sempat mendapatkan ide tentang mesin yang bgus dan lebih baik.dan pada saat itu mesin tersebut mampu menyelesaikan tidak haya satu jenis namun bisa menyelesaikan berbagai jenis operasi aritmatika.



Pada tahun 1856 mesin yang diciptakaan Babbage tersebut dinamakan Analytical Engine mesin tersebut dimaksudkan mesin pemanipulasi simbol umum,dam mempunyai karakteristik dari komputer moderen.seperti penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukan angka, dan berbagai elemen komputer.

Tak berhenti sampai sini malahan  karya Babbage kurang terkenal pada saat itu sampai suatu saat Babbage bertemu dengan Countess of Lovelace dia adalah salah satu anak dari Lord Byron.9 tahun kemudian ,Luigi Federico manabrea dia adalah seorang insinyur dari italia yang menjelaskan cara kerja Analytical Engine.

Tak lama kemudian karya ini mulai diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Lovelace di tahun 1843.pada saat itulah orang orang  mulai mengenali karya Charles Babbage.



Dan pada saat itu walaupun pekerjaan Babbage dihargai oleh institusi sains,pada saat itu Pemerintah inggris sempat menghentikan sementara untuk pendanaan Difference Engine pada tahun 1832,pada akhirnya pun diberhentikan seluruhnya pada tahun 1842.

Pada saat itu pula sejak tahun 1828 -1839,Babbage sempat mendapatkan gelar the Lucasion chair of mathematics pada saat itu paling bergengsi diselurh dunia.selain mesin hitung yang diciptakan Babbage juga menciptakan sistem pos modern di Inggris dan menyusun asuransi pertama dan dapat diandalkan,selain itu Babbage juga sempat menyumbangkan ide idenya di bidang ekonomi,politik.

Charles Babbage juga salah seorang ahli cryptanalysis yang berhasil dan mampu memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher).sejak tahun 1854 kepandainnya itu sebetulnya sudah dimiliki,setelah dia berhasil mengalahkan Thwaites untuk untuk memecahkan ciphernya.walaupun diabad 20 itu penemuanya baru ketahuan diterbitkan ketika para ahlian memeriksa tulisan Babbage.

Kegagalan dan keberhasilan dalam pembuatan mesin penghitung tersebut.pada saat itulah Babbage meningal dirumahnya di London 18 Oktober 1871.
Pada sejak itu Babbage menjadi paling bermanfaat karena penemuan komputernya itu.pada sejak itu penemuan Babbage terus dikembangkan yaitu penemuan komputer yang dibuat Alan Turing.sejak saat ini pun komputer menjadi salah satu alat penunjang dalam kehidupan manusia.👌

Semoga Artikel ini Dapat Bermanfaat Bagi Orang Yang Membacanya.







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat-Alat Fiber Optik Beserta Dengan Fungsinya

Komponen Komponen Laptop Beserta Pungsinya